Sejarah Ginseng

Standar

Semula ginseng hanya merupakan tumbuhan liar atau gulma. Sejak 15 abad yang lalu, ketika Cina di bawah kekuasaan Kaisar Wen, ginseng sudah tercatat dalam buku kuno Kuang-wu Hsing chi. Saat itu di Desa Lu-an (saat ini masuk wilayah Propinsi Shanxi, dengan ibukota Taiyuan, dan memiliki luas wilayah 157.100 km2), ada kegiatan penduduk membongkar tumbuhan liar, yang dianggap mengganggu lalulintas pejalan kaki. Namun ternyata, akarnya berbentuk menakjubkan, menyerupai orang lengkap dengan dua tangan dan dua kaki. Sejak itulah muncul istilah gin-seng, berasal dari kata dalam Bahasa Cina jen-shen atau ren-shen (tubuh manusia). Disebut ginseng karena akarnya mirip tubuh manusia.

Asia

Panax ginseng ditemukan lebih dari 5000 tahun yang lalu di pegunungan Manchuria, Cina. Meskipun mungkin awalnya digunakan sebagai makanan dan obat herbal, dengan cepat menjadi kekuatan yang dihormati untuk memberi dan meremajakan kekuatan dan bentuk manusianya menjadi simbol kuat dari harmoni ilahi di bumi. Pada abad ketiga Masehi. Permintaan China untuk ginseng menciptakan perdagangan internasional di akar ginseng memungkinkan Korea untuk mendapatkan sutra Cina dan obat-obatan dalam pertukaran untuk ginseng liar. Pada 1900, permintaan melampaui pasokan ginseng liar yang tersedia dan Korea mulai budidaya komersial dari ginseng yang berlanjut hingga hari ini.

Amerika Utara

Pemanenan komersial ginseng Amerika dimulai di Kanada pada 1716 setelah seorang imam Yesuit, bekerja di antara Iroquois, mendengar dari kehebatan akar ginseng sehingga dihargai oleh orang Cina. Penalaran bahwa lingkungan dari Perancis Kanada mirip yang dari Manchuria, ia mulai mencari contoh ramuan ajaib yang tumbuh di hutan kayu keras Kanada dan setelah tiga bulan mencari dia menemukan ginseng Amerika tumbuh di dekat Montreal. Jadi mulai ekspor yang kuat dari ginseng dari Kanada ke Cina di mana ginseng Amerika dengan cepat menjadi banyak permintaan. Sebelum ginseng lama ditemukan tumbuh di alam liar di New England, New York, Massachusetts dan Vermont dan banyak kekayaan yang dibuat Amerika pada perdagangan ginseng.

Pada akhir abad kesembilan belas, bagaimanapun, akar liar adalah kepunahan dekat di Amerika Utara karena over-panen dan perusakan habitat aslinya. Pada titik ini, para petani mulai menanam tanaman sensitif dan setelah usaha yang gagal banyak panen pertama ginseng yang dibudidayakan mencapai pasar. Dari 1880 to1960 perdagangan ginseng mengalami banyak naik turun untuk alasan yang beragam seperti perang hawar dan dunia tetapi sejak 1960-an perdagangan ginseng Amerika telah tumbuh terus.

Pada 1990-an Amerika Utara lebih dari sebelumnya telah dikonversi oleh sifat kuratif indah dan berbagai ginseng dan di samping perdagangan masih berkembang dengan China, ada pasar domestik cukup besar untuk akar ginseng.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s